Segudang Manfaat Air Beras untuk Wajah. Bisa Buat Wajah Girls Bersih dan Makin Kinclong, Loh!

0 54

Tahukah Girls mengenai  manfaat air beras? Siapa sih yang tidak mau punya wajah bersih dan menarik? Sekarang ini, kebanyakan orang ingin mempunyai wajah yang aduhai. Tak Cuma wanita loh Girls, yang mendambakan wajah yang kece, pria pun juga sama. Banyak cara untuk mendapatkan wajah yang bersih dan cerah.

Di zaman modern ini banyak hal bisa dilakukan. Bisa dengan cara yang instan dan bisa juga dengan jangka waktu yang cukup lama. Sejumlah orang pasti mengetahui untuk mendapatkan hal instan itu membutuhkan dana yang besar. Di sisi lain, beberapa orang lebih menyukai hal yang tidak instan. Salah satunya adalah hal-hal yang berbau tradisional.

Sudah Ada Penelitian Tentang Kandungan dan Manfaat Air Beras

Salah satu contoh dalam mendapatkan wajah yang bersih dan cerah dengan cara tradisional adalah dengan cara mencuci wajah dengan air beras. Mengapa beras? Menurut Penelitian Journal of Cosmetic Chemist (SCCJ) tahun 2010, beras mengandung antioksidan alami, seperti vitamin C dan A, fenolik, dan senyawa flavonoid. Kandungan tersebut memungkinkan untuk meminimalkan kerusakan radikal bebas dari usia, matahari, dan lingkungan.

Selama sisa-sisa air beras masih tertinggal di dalam kulit, air beras bahkan diyakini menawarkan perlindungan ringan dari sinar matahari. Beras juga memiliki sifat yang mampu meningkatkan sirkulasi darah, mencegah atau memudarkan bintik-bintik hitam terkait usia, dan meringankan peradangan agar bisa memberikan tampilan kulit sehat, melembapkan, dan mencerahkan kulit.

Berkat efek pendinginan dan menenangkan dari beras pada kulit, air beras sering diresepkan sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan kulit yang meradang. Menurut penelitian terbitan NCBI, hal ini menunjukkan bahwa menggunakan air rendaman beras terbukti efektif memperbaiki lesi kulit kering akibat dermatitis atopik. Jadi, intinya sudah ada ya Mom penelitian tersendiri mengenai air beras untuk wajah tersebut.

Ternyata Air Beras Punya Segudang Manfaat untuk Wajah

Apalagi yang bisa dimanfaatkan dari air beras ini? Ternyata banyak hal loh  Girls yang bisa kita manfaatkan dari air beras ini. Berikut penjelasannya, Girls.

Air beras bisa dimanfaatkan sebagai masker pencerah wajah

Ingin kulit bersih dan cerah, Girls bisa mencoba masker air beras. Bagaimana penggunaannya? Siapkan paper napkin yang dapat dipotong sesuai dengan bentuk wajah. Setelah itu masukkan kertas tersebut ke dalam air beras dan tunggu selama 10 menit. Lalu angkat dan peras kertas tersebut dan diamkan selama 10 menit. Angkat dan bilas wajah Girls. Segar dan cerah pastinya.

Air beras bisa membuat wajah lembap dan halus

Bila wajah Girls kering, coba membuat ramuan dengan menggunakan ar beras ini.  Air beras bisa dicampurkan dengan madu dan dijadikan masker wajah. Seperti penjelasan di atas, tetapi kali ini dipadukan dengan madu agar wajah semakin halus dan lembap.

Air beras sebagai toner wajah

Girls bisa menggunakan toner dari air beras. Caranya adalah dengan merendam kapas di air beras, lalu usapkan ke wajah. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Air beras dapat digunakan sebagai air cuci muka

Air beras bisa menjadi sabun ketika kita membersihkan wajah. Untuk penggunaannya, diingat saja bagaimana Girls membersihkan wajah apabila dengan sabun wajah. Hanya sabun wajah diganti dengan air beras. Lakukan secara rutin dan hasil yang didapat sangat memuaskan. Ingat! Semuanya membutuhkan waktu.

Air beras Untuk memudarkan bekas jerawat dan noda hitam

Untuk Girls yang sebal dengan jerawat dan noda hitam yang membandel di wajah, mungkin bisa mencoba air beras ini. Penggunaan air beras kali ini tidak 100 persen menggunakan air beras saja. Seperti halnya tambahan madu, kali ini air beras dicampurkan dengan air kunyit. Mau tidak mau pastinya akan ada bekas berwarna kuning di wajah Girls karena adanya penggunaan air kunyit tersebut. Jangan takut, hal itu akan hilang dalam waktu yang singkat. Tidak sampai berhari-hari. Oya, jangan membayangkan wajah Girls akan sekuning warna kunyit tersebut.

Mengatasi komedo

Mengatasi komedo juga bisa dengan air beras. Caranya air beras yang suam-suam kuku dapat dipisahkan dari air beras lalu diletakkan di wadah dan dipanaskan beberapa waktu saja. Bilas wajah dengan air beras yang suam-suam kuku tersebut dan tunggu kembali hingga mengering. Jika sudah dirasa agak mengeras, silahkan gosok bagian mengering tersebut seakan-akan ada daki di wajah kita. Ketika sudah rontok semua, bilas dengan air dan bersihkan dengan handuk.

Mengurangi keriput di wajah

Kandungan inositol yang terdapat di dalam air beras, mampu membantu pembentukan sel dan mengantisipasi terjadinya penuaan dini. Bila gurat-gurat halus sudah terlihat di wajah, Girls bisa coba cara menguranginya dengan air beras. Caranya ambil kira-kira 3 sendok makan beras, 1 sendok makan madu, ditambah dengan 200 ml air bersih. Rebus beras dengan api sedang. Setelah itu saring kemudian campur dengan susu dan madu. Buat sebagai masker wajah, diamkan kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali ya Girls.

Memutihkan kulit wajah

Air beras juga konon bisa memutihkan kulit wajah. Caranya adalah dengan memisahkan air beras dan berasnya dengan dilakukan sebanyak dua kali untuk penyaringannya. Lalu simpan air tersebut ke dalam botol dan diamkan seharian sampai mengendap. Setelah semalaman mengendap, endapan tersebut dipisahkan dari air lalu endapan tersebut diusapkan ke wajah dan diamkan sampai mengering. Setelah itu dibilas dengan air. Hasilnya kulit akan cerah dan lebih putih. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Mencerahkan bibir yang gelap

Air beras mampu melembapkan dan mencerahkan bibir yang gelap akibat dari penggunaan rokok yang berlebihan. Usapkan air beras ke bibir dan biarkan beberapa menit lalu bilas. Lakukan sesering mungkin agar bibir kembali normal dan lembap. Tentunya dengan mengurangi intensitas merokok.

Mengecilkan pori-pori

Pori-pori besar membuat kulit Girls bisa berkomedo, jerawat, dan masalah lain. Air beras ini bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori. Tehniknya adalah celupkan kapas yang berbentuk bola-bola kecil ke dalam air beras, lalu usapkan ke wajah.  Persis seperti Girls menggunakan toner.

Mudah bukan? Jadi jika Girls terbatas untuk melakukan instan treatment, beralihlah ke hal tradisional. Hanya perbedaan jangka waktu saja antara instan dan non-instan. Di lain hal, instan lebih bersifat kimiawi dibanding tradisional. Artinya lebih aman menggunakan hal-hal yang alami dibanding kimiawi, bukan? Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.